CARA PENGGUNAAN FERTI-MIX

Pupuk hidroponik siap pakai FERTI-MIX terdiri dari dua bagian, yaitu bagian A dan bagian B. Agar dapat digunakan, masing-masing bagian A dan B harus dilarutkan terlebih dahulu. Karena volumenya yang besar, terlebih dahulu dilarutkan menjadi larutan pekat, ketika akan digunakan barulah larutan pekat ini diencerkan dengan perbandingan antara bagian A, bagian B dan air adalah 1:1:200. Berikut ini adalah penjelasannya.


MEMBUAT LARUTAN PEKAT PROFESIONAL

  1. Siapkan dua buah tangki atau drum plastik yang dapat menampung 100 liter larutan lalu tandai kedua tangki atau drum tersebut dengan huruf A untuk tangki atau drum pertama dan dengan huruf B untuk tangki atau drum kedua,
  2. Isi masing-masing tangki atau drum dengan air bersih sebanyak lebih kurang 80 liter.
  3. Masukkab pupuk dari bagian A ke tangki atau drum bertanda huruf A dan pupuk bagian B ke tangki atau drum bertanda huruf B.. Masukkan semua, jangan hanya sebagian.
  4. Larutan pupuk akan terasa dingin kalau disentuh, oleh sebab itu harus terus diaduk sampai semua pupuk terlarut.
  5. Tambahkan air bersih pada masing-masing tangki atau drum sehinggan menjadi 90 liter lalu aduk kembali.
  6. Simpan kedua tangki atau drum lautan pekat pada tempat yang aman, yaitu tempat yang tidak terkena hujan dan tidak terkena matahari langsung.
Larutan pekat belum bisa digunakan langsung untuk menyiram tanaman, melainkan harus diencerkan tersebih dahulu.


PERHATIAN ! .......

LARUTAN PEKAT A DAN LARUTAN PEKAT B TIDAK BOLEH TERCAMPUR DALAM KEADAAN PEKAT KARENA AKAN MENYEBABKAN PENGENDAPAN (PRESIPITASI) GARAM-GARAM. DISARANKAN UNTUK MENGGUNAKAN GAYUNG YANG BERBEDA UNTUK MENGAMBIL LARUTAN PEKAT A DAN LARUTAN PEKAT B SAAT MEMBUAT LARUTAN SIAP PAKAI

 

MEMBUAT LARUTAN SIAP PAKAI

Untuk membuat larutan siap pakai caranya adalah dengan mengencerkan larutan pekat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan tangki larutan siap pakai, dengan kapasitas sesuai dengan kebutuhan, misalnya 1.000 liter
  2. Isi tangki larutan siap pakai tersebut dengan air bersih ssuai dengan jumlah larutan nutrisi siap pakai yang akan dibuat. Misalnya 1.000 liter.
  3. Ambil larutan pekat A dari tangki A sebanyak 5 liter, lalu masukkan ke dalam tangki larutan siap pakai.
  4. Ambil larutan pekat B dari tangki B sebanyak 5 liter, lalu masukkan ke dalam tangki larutan siap pakai.
  5. Aduk larutan nutrisi siap pakai sehinggan tercampur secara merata (homogen).
  6. Ukur EC (Electrical Conductivity) larutan nutrisi siap pakai menggunakan EC meter. Bila nilai EC yang diinginkan belum sesuai tambahkan air atau larutan pekat A dan larutan pekat B sedikit demi sedikit. Perbandingan larutan pekat dan larutan pekat B yang ditambahkan harus setara.
  7. Aduk larutan tersebut sekali lagi.
Apabila pengenceran larutan pekat A, larutan pekat B dan air. perbandingannya adalah1:1:200 maka biasanya akan diperoleh nilai EC sekitar 2.2 mS.cm-1